Tips dan Etika Mendahului Kendaraan Lain


  10-01-2016

Mendahului alias "nyalip" pengendara lain? Boleh-boleh saja, asalkan memang dirasa perlu, dan tahu aturannya. Untuk mengingatkan kembali, harus diperhatikan baik-baik cara menyalip dengan benar, agar tidak terjadi kecelakaan yang dapat merugikan kita dan pengendara lain.

Seperti tercanturm didalam kitab undang-undang nomor 22 tahun 2009, bahwa mendahului kendaraan lain di jalan raya tidak dilarang. Hanya saja, ketika akan melakukan akselerasi ini, harus memperhatikan keamanan dan keselamatan lalu lintas.

Bagi Anda yang memiliki Toyota, mungkin ketika mendapatkan mobil baru, tidak sempat membacanya buku-buku yang disertakan untuk panduan berkendara. Nah, menurut Buku Panduan Safety Driving Astra International yang bekerja sama dengan Kepolisian, setidaknya ada sepuluh cara menyalip dengan aman, yaitu:

  1. Pastikan lampu sein menyala sebelum dan saat menyalip.
  2. Pastikan performa mesin masih cukup untuk menyalip.
  3. Pastikan lajur kanan dalam keadaan kosong dan aman, dan perhatikan marka jalan yang ada (jika putus-putus boleh mendahului).
  4. Jangan menyalip di tanjakan atau tikungan, marka jalan pada bagian ini selalu garis lurus (bukan putus-putus).
  5. Hindari menyalip dari sisi sebelah kiri, jika tidak dalam keadaan darurat.
  6. Hindari menyalip kendaraan yang sedang menyalakan lampu sein.
  7. Bunyikan klakson maksimal dua kali saat akan menyalip
  8. Pantau kendaraan yang ada di belakang melalui kaca spion.
  9. Pergunakan gigi lebih rendah, untuk mendapatkan akselerasi yang lebih cepat.
  10. Jika saat menyalip tiba-tiba ada mobil dari arah berlawanan, batalkan keinginan menyalip, kemudian kembalilah ke jalur semula dengan tenang.

 

Di dalam Undang-undang nomor 22 tahun 2009 pasal 109, memang diperbolehkan menyalip dari sisi sebelah kiri. Namun, jika tidak terlalu dbutuhkan, lebih baik hal tersebut jangan dilakukan, dan tetap mendahului dari jalur sebelah kanan.

Bunyi pasal tersebut yaitu, dalam keadaan tertentu, pengemudi yang akan mendahului kendaraan lain, dapat menggunakan lajur jalan sebelah kiri dengan tetap memperhatikan keamanan dan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan.

Demikian tips dari kami, semoga bermanfaat, pengendara cerdas senantiasa mengerti aturan. Hormati dan jangan merugikan pengendara lain.

Silahkan baca juga Bahaya Melepas Headrest Jok Mobil dan Bahaya Ngecharge Gadget di Mobil

Informasi Pembelian Mobil Baru Toyota di Solo, Sukoharjo, Wonogiri, Klaten, Boyolali, Sragen dan Karanganyar. Anda dapat menghubungi Marketing Dealer Resmi Toyota Nasmoco - Slamet Riyadi, WAHYU NUGROHO / INUG di Telepon
Telkomsel: 08113955543 / WA: 08179455543
XL: 08179455543
BBM: 53FAAC4C


Tinggalkan Komentar Anda

 Masukkan captcha :