Fungsi Angka 3 dan 2 di Transmisi Otomatis Toyota Calya

Toyotasolo.co.idAutomatic Transmision atau sering disebut Transmisi otomatis mungkin saat ini lagi mendominasi penjualan mobil di Indonesia. Salah satunya produk terbaru PT Toyota Astra Motor (TAM), Toyota Calya terdapat angka 3 dan 2 pada transmisi otomatis hidrolik. Ini fungsi angka 3 dan 2 di transmisi otomatis Toyota Calya.

Mungkin masih banyak pengguna transmisi otomatis yang percaya bahwa cukup posisikan tuas persneling di D maka mobil sudah bisa berjalan di kondisi apa pun. Padahal ketika menanjak mobil bisa kehilangan tenaga (power loss) yang mebuat mobil lebih boros karena bekerja esktra.

Baca juga : Bahaya! Nge-Charge Gadget di Mobil

Ketika dalam kondisi menanjak, pengemudi bisa memanfaatkan pilihan mode low gear yang tersedia. Contohnya di Toyota Calya terdapat pilihan 2 dan 3. Artinya ketika tuas persneling berada di posisi 3 maka tenaga hanya dibatasi sampai gigi 3 saja. Begitu juga saat di posisi 2 maka tenaga atau kecepatan hanya sampai gigi 2.

Posisi gigi ini sangat berperan ketika momen tertentu seperti mobil menanjak khususnya. Ini karena transmisi otomatis sudah diatur oleh ECU yang memperhitungkan mobil kapan harus pindah gigi.

Baca juga : Wow! Transmisi Matic vs Manual