Ban Angin Nitrogen vs Angin Biasa

Pengisian Nitrogen semakin menjamur diberbagai sudut kota, terutama disetiap SPBU selalu tersedia layanan isi Nitrogen. Pasti ada kelebihan menggunakan nitrogen untuk ban mobil maupun motor. Tersedianya layanan isi nitrogen di SPBU melengkapi pengisian angin yang disediakan gratis oleh SPBU. Nah, apa beda ban yang diisi angin nitrogen dengan angin biasa, dan apa keutungan dari nitrogen ini.

Pertama, molekul Nitrogen lebih besar dibandingkan angin biasa. Dengan perbedaan besar molekul ini menjadikan nitrogen lebih sulit menembus lapinsan ban (mesikipun tampak solid, tetap ber-pori-pori meskipun tidak terlihat). Efeknya, ban menjadi lebih terjaga tekanan anginnya, baik untuk ban tubless maupun non tubless.

Kedua, Selain tidak mudah keluar, nitrogen memiliki sifat yang lebih stabil dibandingkan angin biasa, baik disaat panas (siang hari) maupun disaat dingin (malam hari). Dengan kondisi tekanan ban yang stabil tentunya memberikan kenyamanan berkendara terutama dalam kecepatan tinggi.

Ketiga, Nitrogen memiliki keunggulan menjadi korosi pada velg ban, hal ini sangat bermanfaat bagi kendaraan yang menggunakan ban jenis tubless, sehingga velg menjadi lebih awet dan terjaga kualitasnya.