Bahaya! Jangan Lepas Headrest Jok Mobil Anda

Kadang kita melihat dijalanan atau mungkin kita melakukan hal ini, yaitu melepas Headrest atau sandaran kepala di jok mobil kita. Padahal hal tersebut sangatlah bahaya, keselamatan Anda semakin terancam ketika tidak menggunakan headrest ini.

Semua pabrikan mobil di dunia selalu melengkapi mobil buatannya dengan fitur keselamatan berupa headrest alias penahan kepala, headrest mempunyai fungsi utama menjadi penahan kepala ke belakang ketika terjadi guncangan hebat karena mobil kecelakaan. Memang tak banyak orang yang mengetahui arti penting peranti ini karena dianggap sebagai aksesoris belaka dan cuma sebagai tempat mengistirahatkan kepala.

Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa headrest itu sebagai sandaran kepala pengemudi atau penumpang untuk sedikit bersantai saat mobil melaju. Maklum, kata rest di headrest diartikan sebagai rest beristirahat, padahal sebenarnya restraint atau penahan.

Di Eropa dan negara-negara maju lainnya di Amerika maupun Asia, dijadikan sebagai salah satu indikator penilaian tingkat keamanan mobil baru. Maklum, fungsinya memang sangat penting. Dan jangan salah, Anda bisa di denda jika melepas headrest ini.

Perangkat ini berguna untuk menahan kepala agar tak patah karena mobil kecelakaan menabrak benada yang ada di depannya atau ditabrak dari belakang dengan keras. Ketika mobil mendapatkan entakan keras maka akan terjadi pantulan reaksi gaya sebaliknya yang keras pula.

Hentakan itulah yang menyebabkan kepala seperti dihentak ke belakang. Jika hentakan sangat keras dan tanpa penahan, leher bisa patah atau menimal keseleo.

Namun, meski memiliki fungsi yang bagus dan penting, peranti itu tidak akan berfungsi maksimal jika penyetelannya tidak tepat. Soalnya, ada dua jenis headrest yakni fix yang menyatu dengan jok, dan flesibel yang bisa daitur ketinggiannya.

Untuk jenis yang kedua, sebaiknya diatur pas dengan posisi kepala. Pastikan peranti itu bisa tepat menahan leher hingga kepala belakang bagian atas. Dengan demikian, penahanan kepala di saat terjadi entakan keras berlangsung secara maksimal.

Mungkin Anda perlu tahu ini juga, Bahaya NgeCharge Gadget di Mobil dan Pentingnya Servis 1.000km Pertama